Saturday, May 24, 2014

HAL UNIK DIBULAN RAMADHAN

wah..Alhamdulillah udah gak kerasa ya sebentar lagi bulan Ramadhan, bulan penuh berkah yang paling ditunggu oleh umat muslim diseluruh dunia.. :)
pasti udah gak sabar dong mau puasa? hehe.. semakin dekat dengan bulan puasa, semakin banyak ya tanda-tanda kedatangan bulan ramadhan seperti Iklan minuman yang semakin bertambah contohnya iklan sirup, vitamin, acara ketika sahur seperti para pencari tuhan, yuk kita sahur, sampai iklan bagi-bagi bonus hadiah dibulan ramadhan.. :)
dibalik itu semua, bulan ramadhan memiliki hal unik yang tersembunyi, apa saja itu?

1. Puasa

ini sudah pasti.. dan diketahui semua orang bahwa tujuan dibulan ramadhan adalah berpuasa, dimana kita diharuskan untuk mengendalikan hawa nafsu, dibulan ini para setan dibelengu agar tidak mengganggu jalannya puasa umat muslim. bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan mendapatkan pahala berlipat dari Allah SWT.
dibalik itu semua, makna dari bulan puasa ini adalah untuk merasakan, apa yang dirasakan saudara-saudara  kita yang tidak berkecukupan. dan mendidik kaum muslimin agar selalu mengingat Allah, mematuhi perintahnya dan menjauhi larangannyaa

2. Bulan penuh ampunan

dibulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan, dibulan Ramadhan pintu surga dibuka selebar-lebarnya sedangkan pintu neraka ditutup agar setan dan iblis tidak dapat mengganggu umat muslim yang sedang berpuasa
Dalam salah satu hadist yang diriwayatkan dari Hadist Riwayat dari Abu Said Al-Khudri r.a. mengatakan bahwa Rasulullah bersabda, “Tidaklah seorang hamba yang berpuasa 1 hari dijalan Allah, kecuali Allah akan menjauhkan wajahnya dari api neraka sejauh jarak perjalanan 70 tahun. ( Sahih Muslim ). Subhanallah, Sungguh bulan yang penuh ampunan dan kemuliaan.
3. Bulan diturunkannya Al-Qur’an

Nuzulul Qur’an adalah sebutan di hari yang penuh khidmat bagi umat Islam, karena tepat pada tanggal 17 Ramadhan ini ada satu hari yang mana Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT kepada Baginda Besar Muhammad SAW. Perlu kita ketahui bersama bahwa Al-Qur’an adalah kitab suci yang tidak akan pernah dapat diganti oleh umat manusia dan senantiasa dilindungi oleh Allah SWT karena didalam Al-Qur’an terdapat firman-firman Allah yang langsung diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW.

bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia (2:185)


4. Adanya malam Lailatul Qadar.

Jika anda bertanya, “ Adakah malam yang lebih baik daripada malam seribu bulan ?” maka sudah pasti jawabannya adalah Malam Lailatul Qadar. Ya, dimalam ini adalah malam yang paling baik daripada seribu bulan. Pada malam ini juga seribu malaikat turun dari langit dan mereka semua bertasbih menyebut Asma-Nya.


5. Ngabuburit

Tradisi disetiap negara pastinya berbeda istilahnya namun sama dalam prakteknya. Sebagai contoh, di Indonesia ada tradisi seperti ngabuburit yaitu menunggu waktu berbuka dengan melakukan kegiatan yang positif. Ya, pastinya sebelum kita berbuka puasa kita dapat mengerjakan hal-hal yang bermanfaat bagi diri kita sendiri dan orang lain. Ngabuburit ini dapat dikerjakan sendiri ataupun bersama teman, kerabat seperti tadarus Al-Qur’an, jalan-jalan atau apa saja yang positif bagi diri kita sendiri maupun orang lain.



6. Buka Puasa

Jika Anda bertanya waktu apakah yang paling ditunggu umat Islam pada bulan Ramadhan ini, maka saya akan menjawab bahwa waktu berbuka adalah waktu yang paling ditunggu oleh umat Islam. Mengapa ? Karena kesabaran kita akan diuji ketika beberapa menit lagi ketika akan menyantap hidangan berbuka. Disinilah godaan terbesar bagi umat Islam. Maka dari itu, jika kita telah mendengar suara Adzan dari surau, musollah ataupun masjid, maka segerakanlah berbuka. Walapun dengan segelas air putih dan sebiji kurma, karena menyegerakan berbuka puasa adalah sunnah Nabi Muhammad SAW.





7. Salat Tarawih

Bila ada shalat sunnah yang hanya dikerjakan pada bulan Ramadhan dia adalah Shalat Sunnah Tarawih. Shalat ini hanya dikerjakan pada malam-malam bulan Ramadhan.

8. Makan Sahur

Makan sahur ini merupakan salah satu ciri khas dari bulan Ramadhan. Dimana setiap paginya setiap umat Islam bangun pagi untuk menyantap makan sahur agar sebagai persiapan sebelum mengerjakan puasa ini. Didalam makan sahur itu terdapat yang diberikan oleh Allah SWT. Makan sahur juga dilakukan setelah malam harinya sebelum tidur telah berniat untuk berpuasa dihari berikutnya.

Walaupun dibulan-bulan lainnya terdapat juga puasa, yaitu puasa Sunnah, tetapi hal yang ada di bulan Ramadhan belum tentu sama dengan puasa Sunnah. Karena sebagai contoh, pada bulan Ramadhan ini terdapat serial televisi yang On Air ( Live ) yang membagi-bagikan rezeki untuk orang yang beruntung. Mungkin itu menurut penulis. Kalau menurut anda ?

9. Buah Kurma


Buah ini adalah buah yang menurut saya hanya ada di dalam satu bulan ini, yaitu buah kurma. Kenapa saya bisa bilang hanya ada di satu bulan ini, karena tidak lain alasannya adalah karena faktor bulan puasa. Saudara-saudara kita yang berada di timur tengah pastinya sudah sering memakannya dibulan- bulan lain. Tapi beda negara, beda juga tradisinya. Di Indonesia sendiri hanya terdapat pada saat bulan puasa ini. Jadi, sungguh suatu yang unik dan khas dari bulan Ramadhan yang terdapat di Indonesia ini.


10. Kolak

Ya, tidak dapat dipungkiri bahwa makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan yang sangat difavoritkan pada saat bulan ramadhan. Makanan ini umumnya sangat identik dengan Buah Pisang, namun juga dapat disajikan dengan baik dengan memakai umbi-umbian. Tak Pelak bahwa makanan ini menjadi makanan yang khas bagi sebagian besar warga Indonesia untuk berbuka puasa.



11. Mudik


Ini adalah salah satu hal yang tidak ada duanya di Indonesia. Orang Indonesia pada umumnya adalah perantau. Hal ini disebabkan karena masih ada saja yang menganggap bahwa pekerjaan dikota lebih baik ketimbang di daerahnya sendiri. Walhasil, banyak para pendatang dari penjuru tanah air yang melakukan transmigrasi atau perpindahan.

Nah, ketika telah lama di rantauan, ada segenap rasa rindu kepada keluarga tercinta di kampung halaman. Yang membuat para warga yang hijrah kekota ingin menengok dan saling menjaga tali silaturrahim diantara sesama keluarga. Moment ini dinamakan mudik. Biasanya mudik ini dilakukan 1 menjelang Idul Fitri tiba. dan kebiasaan yang telah terjadi selama ini, mudik selalu ramai. Maka, bagi anda yang akan mudik atau pulang kampung sangat diharapkan untuk berhati-hati di jalan.

12. Idul Fitri
Idul Fitri merupakan salah satu hari raya besar umat Islam. Hari raya yang dilakukan pada tanggal satu bulan Syawal. Dimana, pada hari ini, umat Islam diseluruh dunia melakukan salat sunnah gairu muakkad sebanyak 2 rakaat di masjid maupun dilapangan. Hari ini dimaknai bahwa umat Islam telah berjuang dengan jalan berpuasa yang untuk mengharapkan Ridho dan perlindungan dari Allah SWT dari godaan iblis yang selalu menggoda manusia. 

Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar